Thursday 31 December 2015

Tanpa Password Aplikasi Nilai Kurikulum 13 dan Nasional (Purnawanto, S.Pd, M.Si)

Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan pada akhir satuan pendidikan dan ujian sekolah/madrasah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Lingkup penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup aspek nilai, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan dan lingkup penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Untuk penerapan penilaian tersebut perlu disusun panduan dan aplikasi pendukung penilaian dan hasil belajar implementasi kurikulum 2013 pada SMK.

Seperti di share sebelumnya oleh bapak Purnawanto, S.Pd, M.Si di blognya https://purnawantomaksum.wordpress.com aplikasi terbaru (2015) memiliki keunggulan bahwa deskripsi mata pelajaran dapat secara otomatis muncul pada rekap nilai sehingga standard kata/kalimat pada semua sekolah bisa sama. Kemudian, guru tidak pusing-pusing lagi memikirkan dan memilih kata-kata dari setiap siwa. Guru hanya diminta menuliskan Kompetensi Dasar (KD) atau Materi pokok dari mata pelajaran yang diampunya.

Terima kasih banyak atas aplikasi dari bapak Purnawanto, S.Pd, M.Si dan sebelumnya saya mohon maaf reposting aplikasi tersebut. Yang berbeda hanyalah yang akan saya posting adalah semua sheet yang sudah tidak terprotect lagi, sehingga bagi rekan-rekan guru yang ingin memperbaharui beberapa settingan macro dapat mengeditnya sendiri.

Aplikasi dapat di download disini, terima kasih semoga bermanfaat.

Update 01/03/2016
Ketika sheet ini tidak terprotect lagi, bapak ibu dapat mengedit dan menyesuaikannya dengan Permen terbaru no 53 tahun 2015/2016.

Cara download:
1. Bapak ibu silahkan klik download disini seperti gambar dibawah
2. Akan muncul halaman baru (file berada pada google drive), lalu bapak ibu silahkan klik download seperti gambar dibawah

Demikian update postingan ini semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment