Sunday 21 February 2016

Iklan (advertising) Bagian 2

Kali ini kita akan melanjutkan artikel saya sebelumnya tentang Apa itu Iklan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jika suatu iklan tidak mempengaruhi alam bawah sadar konsumen, maka bisa dikatakan iklan tersebut gagal, kenapa?? Iklan.. sebenarnya iklan adalah suatu hal yang digunakan oleh seseorang yang ingin memasarkan sesuatu tersebut dengan laris dan juga mendapatkan banyak untung, tentu saja mereka harus mensiasati trik-trik mereka sehingga alam bawah sadar konsumen pun di bawa.

Iklan itu Menghipnotis
Iklan yang baik bukanlah hanya iklan yang menarik dan diketahui banyak orang, tetapi iklan yang akhirnya bisa menghasilkan penjualan. Banyak iklan yang menarik dan semua orang mengetahuinya, tetapi belum tentu orang lain membelinya. Sebuah iklan yang bagus harus bisa membuat tindakan orang untuk membelinya

Bagaimana membuat iklan yang menghipnotis??

1. Buat Kalimat/Informasi yang Mengejutkan
Pada bagian ini tujuan utamanya adalah menarik perhatiannya dalam konsep hipnotis pada saat orang tertarik dan fokus pada iklan atau kalimat/gambar/cerita yang dilihat, didengar atau dirasakannya, maka saat itu juga factor critical terbuka dimana alam bawah sadar siap menerkam setiap informasi. Usahakan kalimat atau kata ini dibuat lebih besar atau warnanya berbeda sehingga lebih kontras dibandingkan kata yang lainnya

2. Gratis
Kata-kata gratis cukup kuat untuk membuat alam bawah sadar seseorang, semua orang pasti suka dengan yang gratis. Anda bisa lihat iklan berikut, kata GRATIS dibuat lebih besar dan dengan font yang besar juga, lebih kontras dibandingkan kata-kata yang lainnya

3. Diskon 70%
Kata ini sangat menarik, tetapi kalau anda tulis diskon 10%, tidak menarik karena 10% terlalu sedikit. Untuk sebagian besar orang 10% bukanlah hal yang menarik. Anda mencoba dari 40%, 50%,60% dan seterusnya. Atau anda juga bisa menuliskan nominal uang yang bisa dihemat dengan diskon yang anda berikan.

4. Termurah
Kata-kata murah sangat disukai oleh alam bawah sadar kita. Karena setiap waktu kalau kita ingin membeli sesuatu pasti yang dicari adalah yang paling murah. Nah, anda bisa menggunakan kata ini dalam iklan anda.

5. Garansi
Garansi merupakan hal menarik untuk alam bawah sadar sehingga alam bawah sadar kita akan merasa nyaman dan tidak menarima ancaman karena barang yang kita beli kalau terjadi sesuatu maka kita tidak dirugikan.

Beberapa orang mengatakan iklan itu membuat suatu produk/jasa yang tidak berguna/tidak dibutuhkan dibuat seakan-akan sangat dibutuhkan dan penting dalam hidup disebut juga dengan hyperrealitas.

Berikut beberapa contoh iklan:





0 komentar:

Post a Comment