Wednesday 30 March 2016

Download Bahan Ajar Interaktif Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Android

Artikel berikut kita mulai dari sebuah kutipan dari (Prastowo, 2007:28)
Suatu bahan ajar memiliki enam komponen yaitu petunjuk belajar, kompetensi yang akan dicapai, informasi pendukung, latihan-latihan, lembar kerja, dan evaluasi
Penjabaran dari kutipan dapat kita simak pada tulisan dibawah ini:
  • Petunjuk belajar. Komponen petunjuk belajar berisi langkah bagi guru untuk menyampaikan bahan ajar kepada siswa dan langkah bagi siswa untuk mempelajari bahan ajar.
  • Kompetensi yang akan dicapai. Bahan ajar berisi standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian hasil belajar yang harus dicapai siswa.
  • Informasi pendukung. Informasi pendukung berisi berbagai informasi tambahan yang dapat melengkapi bahan ajar sehingga siswa semakin mudah untuk menguasai pengetahuan yang akan diperoleh.
  • Latihan-latihan. Komponen latihan merupakan suatu bentuk tugas yang diberikan kepada siswa untuk melatih kemampuan setelah mempelajari bahan ajar.
  • Lembar kerja. Lembar kerja adalah beberapa langkah prosedural cara pelaksanaan kegiatan tertentu yang harus dilakukan siswa berkaitan dengan praktik.
  • Evaluasi. Komponen evaluasi berisi sejumlah pertanyaan yang ditujukan kepada siswa untuk mengukur kompetensi yang berhasil dikuasai setelah mengikuti proses pembelajaran. 
Dalam pembelajaran dibutuhkan suatu media untuk memperlancar proses pembelajaran. Salah satu solusi dalam mengatasi hal tersebut adalah bahan ajar interaktif.

Berikut ini sebuah bahan ajar interaktif Bahasa Sastra Indonesia versi HTML dan Android yang dapat pembaca jadikan bahan inspirasi atau bahan pembelajaran yang interaktif sehingga lebih menarik untuk disampaikan.

Bahasa Sastra Indonesia (html) download
Bahasa Sastra Indonesia (android) download

0 komentar:

Post a Comment