Sunday 27 March 2016

Informasi Terbaru Facebook dan Twitter akan Menyediakan Layanan TV Streaming untuk Penggunanya

Tidak Jarang kita menjumpai istilah streaming saat kita menyaksikan suatu video atau audio di internet. Streaming adalah suatu teknologi yg dipakai untuk memainkan suatu file audio ataupun video yg dengan cara langsung ataupun dengan prerecord yg berada di situs server.

Streaming ditujukan untuk menghemat waktu proses download dari sebuah file audio maupun video. Streaming bisa dikatakan proses transfer data dari server ke host yang mana data tersebut disampaikan secara langsung (real time).

Sebenarnya konsep dasar dari streaming adalah memecah atau membagi data menjadi beberapa bagian, kemudian mentransfer bagian-bagian tersebut, sehingga ketika host (sisi client) membutuhkan data yang bersumber dari hasil streaming tadi tidak perlu menunggu semua file terkirim ke host (sisi client).

Sebuah jurnal oleh I Kadek Susila Satwika menulis:
"Streaming adalah sebuah teknologi untuk memaninkan file video atau audio secara langsung ataupun dengan pre-recorder dari sebuah mesin server (web server). Dengan kata lain, file video ataupun audio yang terletak dalam sebuah server dapat secara langsung dijalankan pada UE sesaat setelah ada permintaan dari user, sehingga proses running aplikasi yang didownload berupa waktu yang lama dapat dihindari tanpa harus melakukan proses penyimpanan terlebih dahulu. Saat file video atau audio di stream, akan berbentuk sebuah buffer di komputer client, dan data video - audio tersebut akan bulai di download ke dalam buffer yang telah terbentuk pada mesin client. Dalam waktu sepersekian detik, buffer telah terisi penuh dan secara otomatis file videoaudio dijalankan oleh sistem. Sistem akan membaca informasi dari buffer dan tetap melakukan proses download file, sehingga proses streaming tetap berlangsung ke mesin."
Pada streaming kita mengenal istilah buffer/buffering yaitu, area memori yang menyimpan data ketika mereka sedang dipindahkan antara dua device atau antara device dan aplikasi.

Bagaimana cara kerja video streaming?
Bagan sederhana berikut mungkin bisa menjadi pedoman bagi anda.

Saat ini teknologi streaming sudah berkembang cukup pesat, diantaranya layanan TV streaming.
Berikut dapat kita lihat beberapa situs yang menyediakan TV Streaming, diantaranya:

Membahas tentang TV, tentu tidak dapat kita pungkiri berkaitan erat dengan media sosial "medsos", dan dua platform raksasa yang sangat diminati pengguna saat ini adalah facebook dan twitter. Informasi terbaru mengenai dua raksasa media sosial ini, facebook dan twitter akan menyediakan layanan TV Streaming untuk penggunanya, sebagai fasilitas baru dan saat ini sedang dirilis.

Sekarang ini, fitur yang dimiliki oleh facebook yang merujuk kepada tv streaming dan sangat favorit adalah layanan live video streaming. Fitur inilah yang nantinya dijadikan sebagai pendukung utama ketika membuat layanan TV Streaming. Begitu juga twitter dengan layanan periscopenya.

Bagaimana pendapat anda tentang layanan ini? Bagaimana kelanjutannya, kita tunggu saja bersama-sama, karena perkembangan teknologi itu berlanjut terus dari hitungan jam menit bahkan detik.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. baru tau saya pak ternyata begitu yah prosesnya.
    terima kasih sudah di infokan pak...

    ReplyDelete