Wednesday 23 March 2016

Pedoman Membuat Komentar atau Narasi di Raport

Utk seseorang guru berkomentar tentang peserta didik adalah sektor tugas yg harus dikerjakan tiap-tiap pertengahan & akhir tahun ajaran. Utk menjaga supaya komentar guru dapat membangun sekaligus memberikan kabar yg terbaik berkaitan hasil pembelajaran peserta didik, maka guru perlu memperhatikan prinsip dibawah ini. 

Apa yg perlu dipertimbangkan? 

  • Konsentrasi dgn apa yg mau kita nilai. 
  • Memperhatikan tiap-tiap perkembangan yg diperlihatkan oleh peserta didik kita. 
  • Memakai semua data penilaian yg kita punyai. Bukan berdasarkan spekulasi. 
  • Buatlah komentar yg kusus untuk tiap-tiap anak, relevan, spesifik & akurat. 

Apa saja yg sebaiknya ada dalam komentar yg kita buat utk peserta didik kita? 

  • Pencapaian hasil belajar peserta didik, apa yg sudah diselesaikan atau apa yg sudah mampu dilakukan oleh peserta didik kita 
  • Tempat di mana peserta didik masih membutuhkan banyak bantuan atau perbaikan 
  • Dengan cara apa peserta didik mampu belajar lebih banyak atau meningkatkan hasil belajar di periode yg mendatang. 

Apa yg sebaiknya dipersiapkan? 

  • Sikap positif, jangan sampai memberikan komentar berdasarkan judgment yg melekat terhadap anak tersebut sebelumnya. Tiap-tiap anak bisa berubah. Bersikap terbuka terhadap tiap-tiap perubahan yg terjadi kepada anak.
  • Data penilaian yg kita miliki
  • Catatan khusus tentang peserta didik kita (anecdotal notes)
  • Diskusikan dgn rekan kerja kita supaya penilaian jadi lebih objektif 

Beberapa tips membuat komentar
Untuk memudahkan buatlah pola yang sama untuk setiap anak.
Misalnya : buat komentar menjadi 3 bagian:
  • Bagian 1 : menjelaskan mengenai apa yang telah dicapai oleh siswa.
  • Bagian 2 : menjelaskan mengenai area dimana siswa masih membutuhkan bantuan atau bagaimana siswa dapat belajar dengan lebih baik.
  • Bagian 3 : menjelaskan target yang kita ingin siswa capai pada semester berikutnya dan bagaimana cara pencapaiannya.
Gunakan "describing words" yang jelas dan mudah dimengerti

Berikut Contoh Komentar pada Raport yang dapat Bapak/Ibu jadikan referensi
Harry  menunjukkan perkembangan menggembirakan selama term 3 ini. Ia mulai terlihat percaya diri dalam mengemukakan pendapat pada saat diskusi kelas. Dalam hal menulis, Harry perlu diingatkan untuk bekerja dengan lebih teliti agar tidak ada lagi huruf-huruf yang tertinggal atau kata-kata yang tidak lengkap dalam tulisannya. Pada term yang akan datang, kami akan terus membimbing Harry agar rasa percaya dirinya dapat lebih konsisten serta menulis dengan lebih teliti.
Nadya dapat menunjukkan sikap positif dan percaya diri terhadap pelajaran matematika selama semester satu ini. Ia adalah siswa yang mandiri dalam menyelesaikan tugas dan dapat menikmati berbagai bentuk kegiatan matematika yang berbeda. Kemampuan Nadya dalam menghitung cepat penjumlahan dengan hasil sampai 20 sudah baik sehingga membantunya menyelesaikan beberapa tugas dengan cepat. Untuk semester berikutnya Nadya diharapkan dapat lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam bekerja agar hasil belajarnya dapat lebih maksimal
Endang dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk bahan penulisannya melalui internet, buku dan wawancara dengan narasumber. Ia bekerja secara mandiri, antusias, dan penuh percaya diri dalam melakukan riset dan mengeksplorasi peran serta gagasan untuk bahan penulisannya. Ia juga sudah mulai memperlihatkan peningkatan dalam mengkomunikasikan hasil risetnya dengan efektif. Penyusunan kalimat dalam laporannya sudah lebih tersusun dengan struktur bahasa yang baik dan benar.
Ali  selalu antusias dan merasa tertantang saat mengerjakan soal-soal yang diberikan. Ia menikmati pelajaran yang sedang berlangsung dan dapat menjawab soal-soal cerita dengan menggunakan prosedur menjawab yang benar secara teratur dan sistematis, namun ia perlu bersikap lebih teliti dalam membaca dan memahami isi soal cerita. Kemampuan membaca isi soal cerita sangatlah penting, Ali dapat meningkatkan kedua kemampuan tersebut dengan membaca soal secara perlahan-lahan dan coba memahami maksud kalimat dalam soal satu persatu agar dapat melihat keterkaitannya satu sama lain.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru dan tentu saja bagi saya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment