Wednesday, 20 January 2016

Pedoman Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK 2016

Pendekatan kurikulum berbasis kompetensi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah diperkenalkan sejak diberlakukannya Kurikulum SMK 1994, kemudian mendapat penyempurnaan pada Kurikulum SMK edisi 1999, kurikulum edisi 2004 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tapi kenyataan di lapangan bahwa pendekatan tersebut belum sepenuhnya diterapkan, karena masih banyak faktor yang jadi kendala untuk bisa berubah dari cara-cara lama menuju ke cara-cara yang diharapkan.

Penilaian hasil belajar adalah salah satu komponen kurikulum yang sangat berpengaruh terhadap komponen-komponen lainnya. Proses pembelajaran yang diterapkan sangat mempengaruhi pendekatan yang akan digunakan dalam penilaian. Mengingat struktur kurikulum mencakup aspek kognitif dan psikomotorik yang meliputi pula aspek afektif, maka Ujian Nasional Kompetensi Keahlian Kejuruan dirancang dalam bentuk ujian teori kejuruan sebagai mata pelajaran kejuruan yang menjadi ciri khas program keahlian dan praktik kejuruan (Individual Task) dengan alokasi waktu sesuai dengan kebutuhan masing-masing program keahlian

Pedoman Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK 2016 dapat di download disini

0 komentar:

Post a Comment